Pages

MANUSIA MAKHLUK PALING SEMPURNA

Manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk lainnya. Berbeda dengan makhluk lainnya yang diciptakan oleh Allah SWT, manusia memiliki yang tidak dimiliki oleh makhluk lainnya, yaitu kemampuan berfikir. Manusia dengan hewan memang sama-sama memiliki otak, akan tetapi otak yang dimiliki oleh manusia dapat digunakan untuk berfikir secara baiknya, sedangkan hewan otaknya tidak digunakan secara semestinya, serta manusia dapat berbahasa yang dapat disaling mengerti. Maka dari hal tersebut, manusia adalah makhluk yang paling sempurna diciptakan oleh Allah.

Allah menciptakan manusia di dunia ini dengan berbagai ragam dan jenis. Selain itu setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda pada suatu bidang. Tidak ada manusia yang dilahirkan tidak memiliki kelebihan sedikitpun walaupun hanya sebutir beras. Contohnya pada seorang yang tidak memiliki fisik secara utuh, misalnya dia tidak memiliki tangan sejak lahir atau ketika masa kecil atau mudanya mengalami kecelakaan sehingga harus menghilangkan(amputasi) kedua tangannya demi keberlangsungan hidupnya kelak. Mereka yang tidak memiliki kedua tangan pun yang secara rasional atau logika akan sulit melakukan sesuatu pekerjaan yang benar-benar membutuhkan tangan, akan tetapi mereka dapat melakukan itu dengan tangan mereka. Contoh pekerjaannya adalah memasak ataupun mengemudi mobil ataupun mengangkat suatu barang yang berat dan memandikan anak balita. Dari pekerjaan tersebut, dimana membutuhkan kedua atau satu tangan untuk melakukan pekerjaan tersebut, akan tetapi ada seseorang atau beberapa orang yang tidak mempunyai lengan dapat melakukan pekerjaan tersebut dengan mudahnya tanpa ada kesulitan walau mereka tidak mempunya lengan seperti orang normal. Maka dari hal itu, sekurang-kurangnya kemampuan seseorang, dibaliknya itu terdapat kelebihan yang tersembunyi yang mungkin tidak semua orang dapat mengetahuinya. Jadi jangan pernah menjudge orang tersebut orang yang bodoh tanpa ada kemampuan.

Selain itu, manusia diciptakan dengan mempunyai hawa nafsu sama seperti hewan, akan tetapi yang membedakannya adalah manusia dapat mengendalikan hawa nafsunya tersebut, walau tak semua manusia dapat melakukannya. Maka dari hal itu, Allah pun menciptakan manusia sebagai suatu yang tidak dapat ditebak arah akhir perjalanannya, berbeda dengan malaikat yang diciptakan oleh Allah dari cahaya. Malaikat diciptakan oleh Allah sebagai makhluk yang begitu tunduk kepada Allah tanpa melanggar apapun perintah yang didapatkannya. Malaikat diciptakan oleh Allah tanpa sebuah nafsu, nafsu yang membuat manusia berbeda dengan malaikat dan sulit ditebak akhir perjalanannya di dunia. Hingga suatu ketika ada dua malaikat yang bertanya-tanya kenapa manusia seperti itu? serta kesal dengan perilaku manusia yang merusak karena terikuti hawa nafsu mereka. Hingga pada suatu saat, malaikat tersebut diamanati oleh Allah menjadi manusia dengan memiliki hawa nafsu. Malaikat tersebut menjadi hakim di dunia dan tetap menjalankan perintah Allah dengan semestinya. Akan tetapi hanya karena seorang wanita cantik, mereka tergoda dan melakukan hal yang tidak seharusnya, yakni meminum minuman haram hingga mabuk. Mereka menyetubuhi wanita tersebut dan adapula kisah yang mereka mencekik seorang tamu yang tanpa bersalah karena mabuk mereka.

Manusia adalah makhluk yang paling sempurna yang diciptakan oleh Allah di dunia ini karena kelebihan-kelebihan yang diberikan oleh Allah. Manusia dapat berfikir, dapat melakukan suatu pekerjaan walau mempunyai kekurangan, baik itu fisik ataupun intelegence,  mempunyai nafsu tetapi dapat mengarahkannya ke arah yang lebih baik (tergantung individu masing-masing) yang berbeda dengan malaikat yang tanpa terdapat nafsu, serta manusia diciptakan sebagai khalifah (pemimpin) di bumi (dunia) yang sehingga Allah memerintahkan malaikat dan jin patuh terhadap Nabi Adam AS sebagai nabi pertama serta manusia pertama di dunia. Maka dari hal itu, seburuk-buruknya seorang manusia, dia tetap memiliki suatu kelebihan walaupun tidak tampak dengan gamblangnya.


Sumber :

1 komentar:

Arfan Adiputra mengatakan...

Terima kasih,Artikel nya sangat membantu
Silahkan
Kunjungi website kami

Posting Komentar